Selasa, 14 Juni 2016

SISTEM AKUNTANSI PENJUALAN KREDIT



TUGAS SISTEM AKUNTANSI

Menjelaskan Proses Sistem Akuntansi Penjualan Kredit


Disusun Oleh :
1.    Rizka Okti Lusiana                         (15061180) 
2.  Dyah Septi Puja Mukti                   (15061177)
3.  Kurnia Puji Astuti                           (15062146) 
4.  Kristanto Adi Prabowo                   (15061167)
Prodi       :  Akuntansi
UNIVERSITAS MERCUBUANA YOGYAKARTA
2016
 SISTEM AKUNTANSI PENJUALAN KREDIT

Sistem akuntansi penjualan kredit menurut Mulyadi (2001: 210) yaitu penjualan kredit dilaksanakan oleh perusahaan dengan cara mengirimkan barang sesuai dengan order yang diterima dari pembeli dan untuk jangka waktu tertentu perusahaan mempunyai tagihan kepada pembeli tersebut. Jadi dalam sistem akuntansi penjualan terdapat unsur-unsur yang mendukung dan kesemua unsur tersebut diorganisasi sedemikian rupa dalam sebuah sistem akuntansi yang disebut sistem akuntansi penjualan kredit.

A.    Unit Organisasi yang terkait

Menurut Mulyadi dalam bukunya Sistem Akuntansi, unit organisasi yang terkait dalam sistem akuntansi penjualan kredit yaitu:
1.      Fungsi Penjualan
Fungsi ini bertanggung jawab untuk menerima order dari pelanggan, mengedit order dari pelanggan, meminta otorisasi kredit, menentukan tanggal pengiriman barang. Fungsi ini juga bertanggung jawab untuk membuat back order pada saat tidak tersedianya persediaan untuk memenuhi order dari pelanggan.
2.      Fungsi Gudang
Fungsi ini bertanggung jawab menyimpan dan menyiapkan barang yang dipesan oleh pelanggan serta menyerahkan barang ke bagian pengiriman.
3.      Fungsi Pengiriman
Fungsi ini bertanggung jawab untuk menyerahkan barang atas dasar surat order pengiriman yang diterima dari fungsi penjualan.
4.      Fungsi Akuntansi
Fungsi ini bertanggung jawab untuk mencatat piutang dari transaksi penjualan kredit, membuat serta mengirimkan pernyataan piutang kepada debitur, dan membuat laporan penjualan, serta mencatat harga pokok persediaan yang dijual kedalam kartu persediaan.

B.     Dokumen Yang Digunakan Dalam Sistem Penjualan Kredit

Dalam sistem penjualan kredit, dokumen yang digunakan oleh perusahaan biasanya terdiri sebagai berikut :
1.      Surat order pengiriman (SOB)
Surat pesanan barang dari pelanggan yang berisi detail barang yang akan dipesan.
2.      Faktur penjualan
Dokumen yang digunakan sebagai pernyataan tagihan yang harus dibayar oleh customer.
3.      Surat Jalan
Dokumen yang berfungsi sebagai surat pengantar atas barang yang tercantum didalamnya yang ditunjukan kepada penerima dan mempunyai kekuatan hukum atas legislitas yang diperlukan dijalan raya mulai dari keluar perusahaan sampai memasuki wilayah penerima sebagai barang dengan jumlah serta spesifikasi yang disertai dengan berberapa informasi lainnya yang diterima olehpenerima
C.    Catatan Akuntansi Yang Digunakan

Adapun catatan akuntansi yang digunakan dalam sistem akuntansi penjualan kredit,yaitu:
1.      Buku Catatan Utang
Buku yang berisi tentang utang-utang yang dimiliki perusahaan dalam metode terentu.
2.      Jurnal Penjualan
Catatan akuntansi ini digunakan untuk mencatat transaksi penjualan, baik secara tunai maupun kredit.
3.      Catatan Penjualan
Catatan yang berisi tentangpenjualan-penjualan kredit yang dilakukan oleh perusahaan dalam periode tertentu.
4.      Kartu Piutang
Catatan akuntansi merupakan buku pembantu yang berisi rincian mutasi piutang perusahaan kepada tiap-tiap debiturnya.
5.      Buku pembantu piutang
Tempat mencatat rincian piutang perusahaan menurut nama pelanggan atau debitur.
6.      Kartu Gudang
Catatan ini sebenarnya bukan termasuk dalam penggolongan catatan akuntansi. Catatan ini deiselenggarakan oleh fungsi gudang dan hanya berisi data kuantitas barang yang disimpan di gudang beserta mutasinya.


D.    Flowchart Sistem Penjualan Kredit



Tidak ada komentar:

Posting Komentar